cara mengkompres file besar menjadi sangat kecil dengan winrar

BeHangat.Net - Kompres file diperlukan untuk memadatkan satu file atau lebih agar ruang penyimpanan lebih hemat dan penyimpanan lebih rapi. Tujuan seseorang melakukan kompres file juga karena mungkin ruang penyimpanan yang ia miliki tidak memungkinkan untuk menyimpan sebuah file yang besar. Maka ia melakukan kompres file agar ukuran file menjadi kecil sehingga file tersebut kini dapat disimpan atau sekedar tidak terlalu menghabiskan ruang penyimpanan. Salah satu aplikasi yang berfungsi untuk melakukan kompresi file adalah WinRAR. Pada WinRAR kita dapat mengatur setelan-setelan ketika melakukan kompresi file sehingga file hasil kompresi lebih mudah kita tentukan, atau setidaknya lebih mudah kita kontrol.

Jika sobat ingin melakukan kompres file dengan tujuan agar file berukuran besar menjadi kecil, maka saya akan memberikan sebuah trik Kompres File Besar Menjadi Kecil dengan WinRAR. Namun tindakan kompres file dengan tujuan seperti ini bisa saja dapat menimbulkan resiko. Salah satunya yaitu file menjadi corrupt. Maka sobat jangan menghapus duhulu file aslinya.

Kompres File Besar Menjadi Kecil dengan WinRAR

1. Instalkan WinRAR pada komputer sobat.
2. Browse File kemudian klik kanan pada file yang akan dikompres dan pilih Add to Archive.
3. Setelah muncul jendela Archive name and parameters, atur setelan kompres seperti screenshot di bawah ini. Kemudian klik OK.


4. Tunggulah proses kompresi selesai.



5. Perhatikan screenshot di bawah ini. File sebelum dikompres berukuran 700 MB. Dan setelah dilakukan kompres dengan WinRAR ukuran file menjadi 17 MB.

Ukuran file hasil kompresi akan berbeda-beda. Dan tidak semua file dapat diperkecil ukurannya dengan kompresi. Contohnya saya melakukan percobaan, ternyata file berekstensi .exe tidak mengecil ukuranya dengan kompresi.
Baca Juga cara mengaktifkan data gsm pada smartfren andromax c2 tanpa root
Sobat telah berhasil Kompres File Besar Menjadi Kecil dengan WinRAR. Mungkin ini hanya salah satu trik kompresi file yang sederhana. Masih banyak lagi trik berbeda lainnya yang yang bisa membuat hasil kompresi yang lebih baik.

Labels: ,