Cara Mudah Menginstal Blender Terbaru di Linux

Cara Mudah Menginstal Blender Terbaru di Linux

Semua Ada (BeHangat)- Cara Mudah Menginstal Blender Terbaru di Linux. Blender merupakan suatu program animasi 3D dan animasi dan merupakan opensource project (bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal). Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine yang handal.

Hasil karya yang dihasilkan tidak dipungut rolyaltinya oleh developer Blender, juga dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.

Gambar diatas adalah gambar rendering hasil karya menggunakan aplikasi Blender. Meskipun terbilang mudah untuk menginstal Blender di Linux, tetapi saya akan mencoba mengulas sedikit bagaimana cara menginstal Blender di Linux. Langsung saja cara menginstal Blender di Linux adalah masuk "Software Manager" >> cari Blender dan pilih Install.
Cara Mudah Menginstal Blender Terbaru di Linux
Baca Juga
Cara yang disebutkan diatas hasilnya Blender akan terinstal di Linux kita dan merupakan versi lama selama versi Blender yang ada di Software Manager belum diperbarui atau diupdate. Untuk mengupdate dan mendapatkan versi Blender yang terbaru di Linux, caranya adalah:

  1. Masuk terminal dan tambahkan ke dalam PPA repository untuk Blender, singkatnya cukup ketikkan sudo add-apt-repository ppa:irie/blender
    sudo add-apt-repository ppa:irie/blender
  2. Update list repository, caranya ketikkan lagi di terminal sudo apt-get update
    sudo apt-get update
  3. Terakhir, masuk ke "Update Manager", secara otomatis Update Manager akan mengecek list repository dan akan menampilkan pembaruan atau update jika tersedia, dalam kasus ini kita akan melihat Blender pada daftar update kita, silahkan update Blender dan selesai, Blender versi terbaru sudah terinstal di Linux kita.
Untuk menjalankan Blender di Linux, kita klik Menu/Start >> Graphic >> Blender xx (dimana xx adalah versi Blender yang terinstal di Linux kita). Cara ini merupakan cara menginstall Blender terbaru di Linux. Key Features dari Blender:

Labels: , , ,