HOW TO CONNECT WIRELESS IN DRACOS (WPA/WPA2-PSK)

Semua Ada (BeHangat) -Banyak yang menanyakan hal ini , maka dari itu lebih baik gw posting. Untuk postingan kali ini gw mau ngasi sedikit kisi-kisi cara untuk konek ke wifi (hotspot) yang di password dengan enkripsi (WEP), (WPA-PSK), (WPA2-PSK) dengan DracOs. Harapan gw supaya teman-teman sekalian belajar tehnik CLI yang berhubungan dengan wireless dengan menggunakan sistem opersi DracOs. Yowis gk usah panjang lebar langsung kita mulai...
Baca Juga
pertama-tama booting dracOs kemudian masuk ke terminal ...., kemudian bagi lo yang pertama kali coba-coba mengaktifkan wireless sebaiknya kenali tipe hardware ente...

Semua Ada - lspci-DracOs

Ok terlihat dari perintah "lspci" gw wireless di lapi menggunakan atheros. Ok sekarang saatnya kita melihat apakah wireless kita di kenali.. dengan perintah di bawah ini.

Semua Ada - iplink-DracOs

memastikan interface mana kira-kira yg merupakan interface wireless gunakan perintah

iwconfig-DracOs

dilihat dari output di atas kita jadi tau klo interface wlp3s0 adalah interface wireless.


Ok langkah selanjutnya kita melakukan scanning dengan perintah

iwlist "interface" scann

iwlist-int-scan

Nah untuk contoh gw mau konekin wifi yg ada di rumah gw ... ESSID=Debian... lets go ..Pertama-tama kita harus memasukan passphrase dari hostpot. Kita gunakan wpa_passphrase Kemudian kita salin ke file .conf untuk nntinya di baca oleh wpa_supplicant.

wpa_pass

wpa_apss_DracOs

Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan wp_supplicant

wpa_supplicant_DracOs

Kemudian semisal wireless tersebut DHCP tinggal menggunakan perintah "dhclient" untuk bouncing IP.

dhclient_wifi_DracOs

Sebagai tambahan untuk daemonize wpa_supplicant bisa dengan perintah dibawah ini

wifi_dracOs_supplicant

mungkin itu dulu ya .. klo ada yg hendak di tanyakan monggo langsung di forum resmi DracOs karena gw juga posting disana ... trims yoo tetap berkarya

Berikut Tampilan Dracos OS :

sumber : dutalinux.org

Labels: ,