Pengenalan IDE Borland C++ ( Pengenalan Bahasa C++ )

Sebelumnya BeHangat.netsudah membahas tentang Sejarah Singkat Bahasa C++. dan kali ini BeHangat.Netakan membahas Pengenalan IDE Borland C++.  IDE merupakan singkatan dari Integrated Development Environment, merupakan Lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari Borland C++, dapat digunakan untuk:
  1. Menulis Naskah Program. 
  2. Mengkompilasi Program ( Compile
  3. Melakukan Pengujian Program ( Debugging
  4. Mengaitkan Object dan Library ke Program ( Linking
  5. Menjalankan Program ( Running )
Untuk mengaktifkan aplikasi Borland C++, lakukanlah langkah-langkah berikut ini: Klik tombol Start => pilih Program => Borland C++ 5.02 => klik Borland C++



Berikut lDE dari Borland C++, seperti gambar dibawah ini:



Layar Pembuka Borland C++

Artikel Pilihan



IDE pada Borland C++, terbagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:

Baris Menu ( Menu Bar )

Menu utama terdiri dari; File, Edit, Search, Run, Compile, Debug, Project, Options, Window dan Help.

Baris Peralatan (Tools Bar)

Baris yang menampilkan shortcuts (icons) untuk mempermudah pengguna dalam pembuatan program-program C++, seperti icon open, save, compiler, run dan lainlain.

Jendela Editor

Tempat untuk pengetikan program dan membuat program. Jika pertama kali anda membuat program, nama file jendela editor adalah NONAME00.CPP

Jendela Message

Tempat untuk menampilkan pesan-pesan pada proses kompilasi dan link program. Jika ada kesalahan sintax program maupun varibel dan objek, maka akan diberikan pesan kesalahannya yang kemudian dapat didouble klik pada pesan tersebut untuk mendapatkan petunjuk di baris yang mana terdapat kesalahannya.

Baris Status (Status Bar)

Baris yang akan menampilkan keterangan-keterangan pada saat mengaktifkan menu bar dan sub menu serta keterangan-keterangan lain (seperti petunjuk baris dan kolom, waktu yang sedang berjalan).

selanjutnya BeHangat akan membahas tentang Struktur  Program C++

Labels: ,