4 Buku Gratis Panduan Belajar ASP.Net

Semua Ada (BeHangat) - Tidak hanya bahasa pemrograman PHP dengan frameworknya seperti CodeIgniter yang menggunakan MVC (Model View Controller) untuk urusan pembuatan website. ASP.net bisa menjadi salah satu pilihan untuk anda yang ingin mendalami aplikasi berbasis web dan mobile. 4 Buku Gratis panduan belajar ASP.Net yang bisa anda dapatkan dalam bentuk PDF ini, berisikan ASP.Net menggunakan Visual Studio 2008 sampai 2013.

4 Buku Gratis Panduan Belajar ASP.Net


Untuk mengenal MVC, sedikit saya kutip ulasan mengenai arsitektur Movel View Controller dari salah satu buku ASP.Net.

Aristektur MVC

MVC adalah singkatan dari Model, View, Controller, yang merupakan sebuah arsitektur untuk membuat sebuah program. Arsitektur ini menekankan kepada pembagian dari komponen-komponen program menjadi tiga bagian utama yaitu Model, View, dan Controller. Gambar di bawah ini, memberikan gambaran konseptual tentang arsitektur
MVC.


Interaksi user dengan program digambarkan dengan arah panah besar yang menuju View. Kemudian View memanggil Controller. Selanjutnya Controller akan membuat atau memanipulasi Model. Model ini akan diberikan kepada View untuk ditampilkan kepada user.

Dengan demikian tugas View adalah menangani tampilan program dan interaksi antara user dengan program. Controller melakukan koordinasi antara View dan Model. Sedangkan Model adalah bagian yang bekerja dibelakang layar untuk memenuhi permintaan user dalam sebuah interaksi.

Tujuan dari pembagian program ke dalam tiga bagian besar ini adalah untuk memisahkan fokus perhatian, tanggung jawab, dan logic ke dalam bagian masing-masing. View hanya fokus kepada tampilan dan menangani interaksi dengan user. Model hanya fokus kepada manipulasi objek-objek non-visual dan logic di dalamnya untuk memenuhi skenario sebuah proses bisnis. Sedangkan Controller menerima input dari View, membuat dan memanipulasi Model, lalu memberikan Model kepada View untuk ditampilkan ke user.

Cara mudah untuk memahami arsitektur MVC ini adalah dengan menggunakan analogi organisasi bisnis dan peran yang terdapat didalamnya. Sebuah organisasi bisnis biasanya memiliki staf marketing, mandor, dan staf operasional. Staf marketing melakukan segala upaya untuk memikat calon pelanggan. Tugasnya adalah ‘menjual' produk kepada calon pelanggan. View dalam MVC ibarat staf marketing ini. Tugasnya adalah ‘menjual' dengan memberikan presentasi yang menarik kepada user.

Peran lain yang terdapat dalam sebuah organisasi bisnis adalah staf produksi yang bekerja di belakang layar memenuhi target yang telah ditetapkan untuk bisa memenuhi permintaan pelanggan. Pekerjaan staf produksi tidak tampak oleh pelanggan itu sendiri. Staf produksi juga tidak bertanggung jawab untuk langsung bertemu dengan pelanggan. Model dalam MVC ibarat staf produksi ini. Tugasnya adalah ‘bekerja' dengan memberikan segala daya dan upayanya untuk memberikan hasil.

Peran terakhir dalam sebuah organisasi bisnis adalah supervisor yang mengurusi manajemen antara staf marketing dan staf produksi. Berdasarkan masukan dari staf marketing, supervisor menetapkan target produksi yang kemudian akan dikerjakan oleh staf operasi. Supervisor kemudian mempertemukan antara staf produksi dan staf marketing untuk melakukan koordinasi sebelum produk-nya dipresentasikan kepada pelanggan. Setelah oke, supervisor kemudian memerintahkan staf marketing untuk melakukan presentasi produk kepada calon pelanggan. Controller dalam MVC ibarat supervisor. Tugasnya adalah melakukan manajemen dan koordinasi kerja antara View dan Model.

Baca Juga : 

Hubungan ketiga komponen Model, View, dan Controller menciptakan dependensi antar komponen. View bergantung kepada Model, tetapi Model tidak bergantung kepada View. Designer View perlu mengetahui bagaimana struktur data dari Model untuk bisa menampilkan Model tersebut dengan benar dalam View, sebaliknya developer yang mengembangkan Model tidak perlu tahu sama sekali bagaimana bentuk tampilan dari Model tersebut.

Controller dan View saling bergantung satu sama lain. View memerlukan Controller untuk ‘meneruskan' input dari user ke Model, sedangkan Controller memerlukan View untuk meng-update tampilan setelah Model selesai dengan tugasnya. Controller bergantung kepada Model karena perlu memanggil Model dan memberikannya kepada View. Sebaliknya Model tidak bergantung kepada Controller.


Dengan demikian, arsitektur MVC memberikan pemisahan tugas dan tanggung jawab yang jelas antara Model, View, dan Controller. Sehingga developer sesuai dengan keahliannya bisa memusatkan perhatian kepada logic proses bisnis di dalam Model. Designer yang mumpuni dalam grafik dan tampilan bisa fokus mengembangkan tampilan yang akan memikat user. Kedua komponen tersebut bisa bekerja dengan harmonis yang diatur oleh Controller. Pemisahan yang jelas ini juga akan memudahkan pengetesan terhadap masing-masing komponen.

Download Ebook Belajar ASP.net MVC Gratis

Sebelum anda mendownload 4 ebook gratis asp.net yang akan saya bagikan ini, ada baiknya anda membaca sedikit ulasan /review yang saya berikan untuk setiap ebook yang mungkin salah satu atau ke empatnya menjadi pilihan anda untuk belajar ASP.net.


  1. Mengenal ASP.Net MVC (Kemudahan Web Programming dengan ASP.Net MVC, AJAX, dan JQuery) , Penulis Agus Suhanto, Tahun 2012. Ebook ini berisikan sekitar 75 halaman berbentuk PDF. Menggunakan ASP.Net 3.5 dan Tools Visual Studio 2008 untuk pengembangan program Web ASP.Net MVC. Untuk mendownloadnya silahkan klik Disini.

  2. Seri Belajar ASP.Net Membangun Aplikasi Web Mudah dan Cepat , Micorosfot MVP ASP.NET/IIS ditulis oleh M. Reza Faisal, . Masih sama dengan ebook pertama yang diatas, menggunakan .Net framework 3.5 sebagai platform dan visual Studio 2008. Ebook setebal 251 halaman berbentuk PDF ini, bisa anda jadikan referensi untuk belajar ASP.Net. Untuk mendownloadnya, silahkan klik Di Sini.

  3. Seri Belajar ASP.Net Membangun Sistem Pengelolaan User, ditulis oleh M. Reza Faisal, tahun 2014. Ebook ini merupakan kelanjutan dari ebook sebelumnya, pada ebook ini dipaparkan tahapan-tahapan untuk membuat sistem pengelolaan user dari tahap persiapan database, konfigurasi, pembuatan fondasi aplikasi web seperti data access layer sederhana dengan menggunakan LINQ to SQL, pengamanan aplikasi sederhana dan lain-lain. Menggunakan Teknologi ASP.NET. 4.0 dan SQL Server 2008 sebagai media penyimpanan. Untuk mendownload ebook setebal 120 halaman dengan format PDF, silahkan klik Di Sini.

  4. Seri Belajar ASP.NET Pengenalan ASP.NET Web API, ditulis oleh M Reza Faisal pada tahun 2014. Pada ebook ini akan dikenalkan tentang ASP.NET Web API dengan bantuan tool visual Studio 2013. Selain itu juga akan diberikan contoh-contoh penggunaannya serta pemanfaatannya pada aplikasi web dan mobile. Ebook setebal 98 halaman berbentuk PDF ini, kiranya cocok untuk anda yang ingin belajar dan mendalami ASP.Net. Untuk mendownloadnya silahkan klik Di Sini
Semoga bermanfaat

Demikikan artikel tentang 4 Buku Gratis Panduan Belajar ASP.NET yang dapat BeHangat bagikan. JIka kalian masih ada yang kurang dimengerti silahkan bartanya dikolom komentar yang sudah tersedia dibawah artikel ini,kita diskusi bareng ager saling mengerti dan jangan lupa untuk  Share Artikel Ini ager semakin banyak orang-orang yang mengertahui dan membaca karena dengan membaca kita jadi tambah tahu

Jika ada kesalahan kata BeHangat.Net minta maaf, dan semoga artikel ini berguna, bermanfaat. Terimakasih Sudah membaca dan mampir di BeHangat.Net Sampai Jumpa dipertemuan berikutnya.

Labels: ,